Minggu, 26 Juli 2015

Teruntuk Sahabatku



Teruntuk sahabatku yang suaranya hanya mampu ku dengar melalui kotak kecil dengan bantuan sebuah operator.
Teruntuk sahabatku yang kabarnya hanya mampu ku ketahui melalui pesan singkat yang kehadirannya pun tak dapat ku rasakan setiap hari.
Teruntuk sahabatku yang tangis serta tawanya hanya mampu ku lihat dalam kotak kenangan yang tersimpan rapi di memoriku.
Aku merindukan kalian.
Sangat.
Konyol memang mengingat sebelumnya kita hanya beberapa orang asing yang dipertemukan oleh takdir yang lucunya membuat kita terikat satu sama lain.
Oke aku lebay hahahaha..
Tapi aku tak pernah merasa lebay tiap merindukan kalian.
Sumpah..
Kadang aku merasa konyol tiap merindukan kalian, mengingat beberapa dari kalian mempunyai kesan buruk dari aku saat pertama kali melihat kalian.
Aku ingat kesan pertama saat pertama kali melihat mama Uwi, ‘anehnya orang ini’. Tapi kayaknya kesan pertamaku nggak salah karena semakin mengenal mama Uwi, keanehannya makin banyak. Peace mama, jangan kutuk anak semata wayangmu ini.
Ma, waktu itu mama pernah tanya, kenapa kamu manggil aku mama? Mama tahu kan, orang yang pertama kali mengajari kita banyak hal adalah mama dan saat pertama kali berada di perantauan serta tak punya siapa-siapa, mama orang yang selalu ada disampingku, mengenalkanku banyak hal, menceritakan banyak hal sehingga aku tak pernah merasa sendiri di perantauanku. Dan aku bersyukur sejak awal sudah memberi gelar mama itu ke mama karena mama emang selalu bertindak layaknya seorang mama, terutama saat aku sakit dan kesusahan.
Love you mama pemalas.
Lalu Nadiah. Pertama kali ngeliat kamu Nad, yang ada dipikiranku nie orang sksd banget sih sama kating. Sumpah, awalnya aku nggak suka banget sama kamu Nad. Aku udah pernah ngasi tahu kamu kan? Tapi lucunya sejak satu kelompok PIP, aku mulai dekat sama kamu dan akhirnya kamu orang yang awalnya aku nggak suka malah jadi salah satu dari segelintir orang yang membuat aku nyaman.
O ya Nad, aku nggak pernah ngasi tahu kamu kalau aku bersyukur nggak datang di hari pendadaranmu, melihat proses akhirmu mencapai gelar S.Pd. Jujur Nad, aku sedih waktu dapat kabar kamu sudah S.Pd. Aku jahat ya, Nad? Aku senang perjuanganmu selama hampir 4 tahun akhirnya menuai hasil, tapi aku sedih saat dihadapkan pada kenyataan kalau aku bakalan jarang ketemu kamu dan pastinya kamu bakalan jarang behibernasi di kamarku.
Trus tante Ike. Sumpah aku takut sama tante. Hahaha. Habis muka tante jutek sih. Pas dibikin satu kelompok aja di praktikum fisdas, kalo nggak ingat jedotin kepala ditembok itu bikin kepala sakit, mungkin aku udah jedotin kepala ditembok sangking frustasinya dibikin satu kelompok sama tante. Tapi waktu mau responsi pertama kali, lucunya aku ngerasa nyaman ngobrol sama tante. Aku juga suka sifat tante yang kalo nggak tahu ya bilang nggak tahu. Tante yang kalo mau nanya nunggu saat yang mau ditanya betul-betul ada waktu. Gara-gara praktikum fisdas, satu-satunya praktikum yang kita sekelompok, aku jadi dekat sama tante.
Semakin lama kenal sama tante, aku jadi tahu tante itu nggak jutek. Muka sama sifat tante asli nggak sesuai pake banget. Semakin lama kenal sama tante juga bikin aku tahu kalo aku nggak boleh ninggalin tante. Aku harus jaga tante lebih daripada aku jagain Nadiah. Iya, Nadiah itu yang cita-citanya mau nikah sebelum kita semua lulus. Tante tahu kenapa aku harus jagain tante? Itu karena di antara kita semua tante yang paling mudah frustasi, tante yang paling mudah drop, tante yang paling mudah pesimis trus nyerah. Makanya aku harus ada disamping tante, setidaknya kalo tante mau nyerah aku bisa langsung nyiram tante. Hahaha. Nggak ding te, setidaknya aku ada disisi tante dan mastiin tante nggak terpuruk. Kenapa aku bandingin tante sama Nadiah, karena adik kecil kita itu terlalu kuat sampe aku khawatir sama dia. Aneh ya, te? Abaikan kalo gitu.
Ah aku punya mama lain. Hai mama tiri, mamhe. Mama tiri? Iya, mama tiri. Kamu kan jahat mamhe. Aku aja sering diajak berantem, sering diculik tiba-tiba tanpa izin. Tapi mamhe tetap aja mamaku (ini nggak terpaksa loh. Oke!!). Meskipun mamhe jahat, tapi mamhe tetap loyal sama aku. Buktinya tiap aku malak pasti dikasi, tapi kalo nggak malak nggak dikasi sama sekali sih. Jadi sabar ya mamhe karena sering ku palak. Itung-itung bantu mamhe beamal buat nutupin dosa mamhe yang udah mulai numpuk.
Mamhe, nggak kalah deh muka juteknya sama tante ike. Bedanya kalo te Ike cuma muka aja yang jutek, kalo mamhe emang asli jutek. Tapi mamhe tetap temanku kok. Mamhe, habis baca ini jangan kutuk aku ya jadi tambah pintar.
Mamhe, mamhe ini orangnya baik tapi sayang mamhe kadang egois. Kadang mamhe lupa sama apa yang ada di sekitar mamhe. Coba aja mamhe sedikit peduli sama sekitar mamhe termasuk orang-orang yang ada didekat mamhe, yakin deh aku nggak bakal sering-sering ngajak berantem. Aku nggak punya kesan baik ya buat mamhe? Hehe, tapi emang nggak ada abis aku bingung. Kan aku udah bilang, kita keseringan berantem daripada akur. Tapi toh itu yang bikin kita tambah dekat.
Sekarang mama dari semua mama. Yuppss, oma Sri. Aku nggak tahu mau ngomong apa sama oma. Aku udah kenal oma lebih 4 tahun dan lucunya aku nggak tahu apa-apa tentang oma sama sekali. Bisa dibilang dari kita semua oma ini yang paling misterius. Oma pendiam trus cuma ketawa kalo kita ngelawak, nggak ikut ngelawak. Kalo kita menggila, oma pasti cuma diam trus nggak mau ngambil bagian sama sekali dari kegilaan kita. Kadang aku ngerasa asing sama oma.
Diantara kita semua oma yang paling dewasa, oma yang paling sering jadi penengah diantara kita semua, yang paling sering deh nasehatin kita. Karena itu kadang aku mikir, oma pernah nggak sih butuh kita sebagai penengah, oma nggak percaya ya sama kita yang pecicilan sampai-sampai oma nggak mau berbagi cerita plus minta nasehat sama sekali ke kita. Oma terlalu sabar ngadepin kita sampai-sampai aku mikir, kasian oma pasti kadang-kadang tetekan deh gegara kita. Oma terlalu baik buat kita, apalagi aku yang super manja. Maaf ya oma banyak ngerepotin.
Ah, ada satu orang lagi yang udah super sabar ngadepin aku. Hai Ratna. I miss U. Ceritanya kita alay. Hahahaha. Aku nggak boong loh rat bilang kamu sabar meskipun kamu pemarah kalo lagi kelahi sama si pr**. Ingat nggak Rat pertama kali kita ketemu? Kamu lagi ngegembok pintumu siap-siap pulkam trus aku rusuh sama bapakku ngebukain gembok sambil ngurusin barang. Maklum penghuni kost baru. Waktu itu kamu ngelewatin aku aja loh, aku lupa waktu itu kita saling senyum atau nggak ya? Kayaknya nggak deh.
Aku nggak tahu gimana caranya kita bisa dekat. Yang kutahu kita dua penghuni terakhir yang selalu nyangkut di kost. Tapi apa yang bikin kita bener-bener deket sampai-sampai aku berani nindas kamu, aku nggak tahu sama sekali. Entah karena drama korea yang wajib kita tonton tiap sore atau karena Isma yang selalu heboh tiap saat? Entahlah, hanya Tuhan dan kenangan telupakan kita yang tahu.
Aku sebenarnya bingung mau nulis apa tentang kamu, Rat. Terlalu banyak yang mau ku tulis sampai aku bingung sendiri harus tulis yang mana. Ah, kayaknya aku mesti ngungkapin ini ke kamu deh. Rat, tahu nggak aku suka iri sama Opi? Kamu sama Opi keliatan banget klopnya, beda sama aku. Kalian tuh satu aliran trus kalo ngobrol nyambung banget. Ah, pokokonya aku iri. Titik.
Tapi yang pasti aku sayang banget sama kamu sama Opi.
Kalo ada Ratna, pasti ada Milla. Hai hai Milla, kembar siamnya Ratna. Lagi-lagi aku bingung mau nulis apa. Secara tiap sama kamu pasti dah hari-hariku nggak berjalan normal. Apalagi kalo betiga sama Ratna, bye bye kata normal deh. Sampai sekarang aku bingung loh, kok tiga manusia kayak kita dibikin dekat sih? Tapi aku besyukur bisa dekat sama kalian, bisa menggila sama kalian.
O ya Mil, titip Ratna ya. Teman kita itu terlalu kuat plus cuek sama diri sendiri, sama kayak Nadiah, sampai-sampai dia kadang nggak sadar kalau dia terluka plus capek. Teman kita satu itu terlalu baik plus sabar sama kita sampai-sampai dia nggak pernah marah ataupun sakit hati sama kelakuan kita yang kadang ngelampauin batas. Jagain dia ya Mil, karena dia adik kecilku yang meskipun aku dan kamu suka nyakitin dia tapi dia tetap aja selalu maklumin dan maafin kekhilafan kita. Dia bahkan tak pernah lupa dan selalu khawatir sama kita saat kita bersenang-senang sama teman kita yang lain dan lupa sama dia.
Sapa siapa lagi ya?
Aha, hai hai Opi Opium. Gimana kerjaan disana? Aku kangen, Pi. Kangen ngomongin kimia yang bikin muka kita kusut, yang bikin Ratna pasang muka bloon. O iya, Minho apa kabar? Opi, demi apa ya MV View bikin mata suami kita ternoda. Hueee, abang Onew ku yang polos. Udah sih Pi mau ngomong itu aja, aku bingung mau ngomong apa. Aku juga nggak mau ngomongin kimia, ntar aku amnesia.
Uhuk ehem.. *minum dulu
Oke, sekarang aku mau nyapa sensen. Hai sensen, temanku yang ratu galau nan jomblo. Ooppsss..
Kita dekat gegara apa ya, Sen? Gegara EHBM atau gegara pak Kukuh? Oke, intinya tetep lari ke EHBM. Awalnya aku cuma iseng loh sen gangguin kamu masalah EHBM, abis pas buanmu nyuri start kuliah EHBM akunya nganggur. Eh tapi isengku ternyata berhadiah. Iya, berhadiah. Hadiahnya ketularan galaumu gegara kasian denger penderitaan kalian.
Sen, percayalah aku pernah ngiri sama kamu. Iya sen, aku iri. Aku ingat waktu itu kamu sms kalo kamu udah kerja bareng-bareng sama Anti. Aku tuh irinya, weh sensen sudah beduit sendiri, lah aku blum ada ngurus apa-apa. Ya ya, sejak lulus aku suka iri. Jadi maklum ya, Sen. Tinggal di rumah bikin aku jadi super labil.
Trus Yeni, wohoooo, temanku yang ganteng. Eh, kayaknya bakal lama deh anak ini baru baca. Secara lagi perang gitu sama sinyal. Eh, Yen, dipanggil mulu tuh sama si Iyus mau diajak ke pantai naik banana boat.
Yeni, kamu temanku yang paling nyebelin kalo lagi marah. Tau nggak kenapa kamu nyebelin, Yen. Abis kamu tuh kalo mau marah-marah sama orang suka nyulik aku trus aku yang jadi korban marah-marahmu. Untuk aku conge’an jadi berasanya denger angin lewat. Dzing dzing... Tapi kayaknya kita sama-sama nyebelin kalo urusan marah-marah. Habis aku suka marahin kamu, malah suka ngusir juga kalo aku lagi marah. Tapi dasarnya kamu bebal, kamu nggak peduli sama semua omelanku. Dan aku suka banget sama sifat bebalmu itu.
And the last, jeng jeng jeng. Neri, teman kecilku yang kecilnya nyaingin Nadiah. Sebenarnya masih ada yang lain tapi aku bingung mau ngetik apa. Hehe.
Eh, aku masih ingat loh Ner, di kimsor kamu orang pertama yang senyum sama aku waktu kita pertama kali di kumpulin di GB atas. Ceritanya waktu itu urat malu-ku habis disambung jadi senyum aja, nggak heboh kayak mama Uwi waktu teriak dari belakangku sambil teriak, ‘ini aku Dwi’. Kayaknya teman kita satu itu emang nggak pernah punya urat malu. Aku nggak nyangka loh Ner bisa deket sama kamu. Mungkin aku mesti bilang terima kasih sama kuliah KBM yang bikin aku ngerepotin kamu.
Ner, setelah Ike sama Nadiah, teman yang sering aku khawatirin itu ya kamu soalnya sifatmu sama Ike sebelas dua belas. Aku kadang loh sengaja diemin kamu, mau lihat kamu bisa nggak nyelesaiin masalahmu sendiri atau nggak. Tapi yang paling sering ku liat duluan malah muka frustasimu bukannya kamu langsung nyelesaiin masalahmu.
Kayaknya sejak dekat, aku sering banget liat muka frustasimu sama si Ike.
Teruntuk kalian, sahabatku..
Terima kasih karena kalian selalu ada dan maaf banyak merepotkan kalian semenjak kalian kenal sama aku.
Terima kasih karena kalian nggak pernah lelah sama aku.
Terima kasih untuk kisah selama 4 tahun lebih yang kalian ukir bersamaku.
Terima kasih karena telah berjalan beriringan denganku, menikmati manis pahitnya perjuangan kita.
Aku nggak tahu akan seperti apa kisahku jika aku menjalaninya dengan orang lain dan aku nggak pernah berpikir dan tak pernah menginginkan kisah dengan orang lain. Bersahabat dengan kalian, mendapati kalian tertawa lepas seolah tak punya beban sama sekali, melangkah beriringan seolah tak ada rintangan yang berarti yang akan menghadang perjalanan kita, sungguh menjadi kado terbaik dari Tuhan untukku setiap hari. Aku nggak lebay, oke.
Aku sangat berterima kasih sama kalian yang mau berteman sama aku, betul-betul cuma aku tanpa melihat bagaimana aku. Kalian menerima aku apa adanya. Aku yang pemarah, aku yang suka teriak-teriak, aku yang malu-maluin, aku yang norak, aku yang rembes, aku yang bodoh, aku yang cerewet, aku yang pemalas, dan masih banyak lagi keburukan yang ku punya. Kakakku pernah bilang sama aku, anehnya teman-temanmu mau aja beteman sama kamu yang kayak gitu. Udah nggak punya apa-apa, norak, nggak bisa naik motor, suka ngerepotin, penampilannya jadul lagi. Dan aku dengan bangga bilang sama kakakku karena mereka tulus berteman sama aku. Terima kasih atas rasa bangga yang kalian hadiahkan untukku sehingga kelak saat aku sudah tua aku bisa mengisahkan indahnya persahabatan yang kalian berikan padaku.
Aku sangat bersyukur berada di antara kalian. Kalian yang tak pernah marah saat menjemputku di kost, saat mengantarku kesana kemari, kalian yang meskipun panas-panasan di kamar kostku tapi tak pernah jera untuk kembali datang.
Aku nggak tahu kapan kita akan ketemu lagi. Yang pastinya aku berharap suatu hari nanti, entah kapan, kita akan bertemu kembali. Mengukir satu kisah baru sambil menceritakan kisah yang kita lalui saat jalan kita tak lagi beriringan. Dan aku betul-betul berharap hari itu akan segera datang.
Aku nggak tahu apa yang berbeda dari kalian dengan teman-temanku yang lain. Bersama kalian aku nggak pernah kehabisan topik sama sekali, bahkan sama keluargaku sendiri aku kadang bingung harus ngomong apa. Bersama kalian, keheningan yang tercipta saat masing-masing dari kita sibuk justru terasa menenangkan, bukannya menyebalkan.
Demi Onew yang sampai sekarang masih cinta sama ayam, aku betul-betul merindukan kalian. Sangat..
Ah, ya. Maaf sering ngerepotin kalian. Membuat kalian kesusahan. Suka mengolok kalian, suka ngebully kalian *lirik ratna, suka aneh-aneh deh sama kalian.
Maaf karena tak pernah bisa betul-betul berguna untuk kalian.
LOVE YOU MY DEAREST FRIEND

Tidak ada komentar:

Posting Komentar